Cara Kompres PDF Menjadi Ukuran Yang lebih Kecil

PDF memang banyak digunakan oleh pelajar, di perkantoran bahkan masyarakat umum. Sifatnya yang permanen memudahkan kita untuk membaca dari isi dokument PDF tersebut. Isi dari pdf tidak hanya tulisan saja, pdf juga bisa diisi berupa gambar dan link website. Portable Dokument Format atau yang sering kita kenal dengan sebutan PDF. PDF juga bisa di edit, asalkan dengan menggunakan aplikasi khusu untuk meng editnya. Biasanya saya mengedit file PDF dengan menggunakan aplikasi yang bernama Nitro.

Pada kesempatan ini kita akan mengkompres ukuran pdf sampai dengan lebih dari setengah ukurannya. Yang kita praktekkan disini tidak dengan media online, tetapi kita harus menginstal aplikasi terlebih dulu. Aplikasi untuk mengkompres pdf adalah Orpalis PDF Reducer, jika kalian belum punya aplikasinya bisa di download secara gratis di website resminya.

Yuk mulai saja cara mengecilkan ukuran PDF dengan software Orpalis PDF Reducer,


1. Buka aplikasi Orpalis PDF Reducer

2. Klik pada Source, lihat tanda panah


3. Kita pilih folder dimana file PDF yang akan kita kompres nantinya


4. Klik pada Destination untuk meletakkan hasil dari file PDF tersebut


5. Kita bisa klik Option lalu pilih Images dan di kananya Image quality kita bisa memilih dengan 4 pilihan ada Low, Medium, High dan Very High. Sesuai ukuran yang akan kita tentukan nanti. Kalo sudah klik apply. Dan lakukan klik Start batch untuk memulai


6. Maka bisa dilihat hasilnya, ukuran yang tadinya 1,46 Mb bisa terkompres hingga menjadi 207 KB


Nah itulah cara mengecilkan ukuran PDF dengan sofware yang bernama Orpalis PDF Reducer, mudah sekali bukan. Dengan software tersebut kita bisa mengecilkan ukuran sampai sekecilpun, tapi ingat jika kita terlalu mengecilkan ukuran, maka isi di dalam dokument tersebut akan blur dan sulit untuk dibaca. 

Baca Juga : Cara Menggabungkan File Pdf Menjadi Satu
Baca Juga :Cara Merubah File Word Ke PDF Dengan Offline

Maka saya sarankan jika mau mengeculkan ukuran sebutuhnya yang kita inginkan. Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa share kepada teman-teman kalian juga. Selamat siang

Posting Komentar untuk "Cara Kompres PDF Menjadi Ukuran Yang lebih Kecil"