Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

7 Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama
Laptop memang menjadi teman di kehidupan kita sehari hari, entah itu untuk bekerja, ataupun bermain game untuk menghilangkan kejenuhan. Dengan adanya laptop kita bisa melakukan pekerjaan kantor kita di mana-mana, contohnya saja di warung kopi, di cafĂ© ataupun di taman dan yang terpenting adalah baterai pada laptop tersebut sudah terisi. Apalagi anak sekolah zaman sekarang yang tak lepas dari laptop, ya dikarenakan tugas mereka pasti sangat membutuhkan dengan laptop 


Apalagi di tempat umum seperti di taman sekarang ini sudah disediakan wifi oleh pihak pengelola, Tak jarang jika kita berpergian dengan membawa laptop untuk mencari informasi terkini. Apa jadinya jika laptop yang kita pakai sering habis sendiri baterainya, dan tentunya itu sangat menjengkelkan bagi kita ya, apalagi di tempat umum yang susah akan sumber listrik.

Berikut ini kita akan membahas bagaimana agar baterai laptop itu bisa tahan lama, yuk ikuti tips-tips bermanfaat dibawah ini

Agar baterai laptop tahan lama dan tidak cepat rusak

1. Jangan cas sampai 100%

Ya biasanya kita keseringan lupa jika sudah cas laptop sambil mengoperasikan laptop tersebut, alhasil laptop tersebut sudah 100% tapi charger masih belum di cabut atau di matikan. Oleh karena itu jika kita mengcas usahakan untuk di bawah 100% saja.

2. Jangan biarkan baterai 0%

Sangking asiknya kita jelajah dunia maya sampai laptop mati dengan sendirinya, hal itu memang sepele tapi tidak merusak baterai laptop saja. Hal tersebut juga berakibat fatal pada mesin laptop maupun hardisk kita. Jadi untuk menghindari hal tersebut, jika system pada laptop sudah memperingati akan baterai habis sebaiknya lakukan pengecasan pada laptop.

3. Gunakan cas original

Memang cas original pada laptop mahal, tapi hal itu akan menjaga kualitas umur baterai tahan lama. Dan biasanya dengan cas yang tidak original pengecasanpun akan lama, hal tersebut juga akan merusak pada baterai.

4. Matikan wifi bila terpakai

Jika wifi sudah tidak diperlukan baiknya kita matikan, atau bisa beralih dengan mode terbang. Dengan mode terbang maka baterai laptop akan lebih awet dari biasanya. Cara ini biasa saya gunakan kalo sedang mengedit vidio di laptop saya.

5. Tutup aplikasi

Dengan keasikan menggunakan aplikasi yang satunya, aplikasi yang lain kita lupa untuk menutupnya, hal tersebut juga akan menguras baterai laptop lebih cepat. Alangkah baiknya tutup aplikasi yang tidak terpakai jika kita sedang mengoperasikan laptop.

6. Atur kecerahan

Mengatur kecerahan pada laptop sangat penting dilakukan, di samping bisa membuat tahan lama pada baterai juga akan menjaga kesehatan mata kita. Jika kecerahan terlalu tajam akan membuat mata kita sakit. Alangkah baiknya sesuaikan kecerahan cahaya dengan keadaan di sekitar laptop.

7. Mematikan laptop
Mematikan laptop saat sedang pengecasan juga baik untuk menjaga keawetan baterai itu sendiri. Cara ini sering kita abaikan karena pengoperasian laptop yang sering kita gunakan terus menerus.

Nah itulah Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama, seaiknya perhatikan baterai laptop kita dari segi pengecasan supaya tahan lama. Karena membeli baterai laptop original juga mahal. Silahkan dibagikan jika tips ini bermanfaat. Terimakasih semoga baterai laptop kita awet sampai nanti

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama"