Macam-macam Artikel

Macam-macam Artikel
Apakah Artikel itu ? dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia mengartikan Artikel yaitu karangan di surat kabar, majalah dan sebagainya. Dengan demikian semua tulisan di koran majalah, internet selain berita adalah artikel. Hampir semua majalah atau surat kabar mulai Ibu Kota sampai dari terbitan daerah menyiapkan khusus untuk artikel. Isi artikel bervariasi, tergantung dari penulisnya. Pihak surat kabar atau majalah, membatasi topik-topik tertentu, ada yang tidak membatasi, Artinya masalah apa saja yang kita tulis dan kirim penting memenuhi persyaratan, tetap dimuat.


Redaktur media massa mengelompokkan jenis artikel sesuai yang dikirim oleh penulis. Pengelompokan jenis artikel untuk memudahkan pemuatan dan penempatan sesuai halaman. Setiap Redaktur surat kabar atau majalah menempatkan kolom artikel tidak sama. Ada yang menempatkan pada halaman dua, ada juga halaman empat, atau halaman lainnya. Demikian juga halnya majalah, sesuai dengan visi dan misi masing-masing.

Di bawah ini ada 5 macam artikel yang akan kita bahas satu persatu, Beberapa macam artikel tersebut yaitu:

5 Macam-macam Artikel:

1. Artikel yang mengungkapkan fakta. Artikel semacam ini mengungkapkan hal-hal baru atau penemuan baru. Misalnya seseorang menemukan jenis batu permata yang diperkirakan memiliki kelebihan dan keunikan. Penulis artikel menelusuri jenis dan asal batu tersebut, kemudian menguraikan dalam bentuk artikel.

2. Artikel yang menerangkan sesuatu untuk dipahami pembaca, misalnya ada kampanye bahaya merokok di lingkungan sekolah. Penulis artikel melihat sisi kelemahan dan bahaya rokok bagi siswa.

3. Artikel yang menggambarkan masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya warga masyarakat berkelahi memperebutkan harta warisan. Seorang penulis mendengar dan melihat peristiwa tersebut kemudian menuangkan dalam bentuk artikel. Jenis artikel seperti ini mirip dengan laporan, bedanya penulis dapat memasukkan pendapat sendiri sesuai kejadian.

4. Artikel.yang berisi petunjuk kepada pembaca, agar tidak mengalami kekeliruan. Misalnya artikel tentang bagaimana cara berternak burung love bird yang baik, bagaimana cara membuat SIM tanpa mengalami perantara orang lain.

5. Artikel yang berbentuk prediksi. Artikel sejenis ini berisi perhitungan atau prediksi tentang sesuatu berdasarkan perhitungan atau pengamatan penulis. Misalnya ketika musim kemarau panjang banyak tanah sawah yang tidak bisa dimanfaatkan untuk menanam padi Akibatnya harga beras naik, atau kekurangan makan

Itulah macam-macam artikel yang bisa dapat saya uraikan, dengan lima macam artikel tersebut kita tau, jenis macam apa artikel yang selama ini kita tulis. Semoga dengan kelima macam artikel tersebut dapat menambah wawasan pembaca. Sampai jumpa di pembahasan lainnya Terima kasih

Posting Komentar untuk "Macam-macam Artikel "