Skip to main content

Memilih Judul Artikel

Memilih Judul Artikel 


Memilih judul dalam penulisan artikel memerlukan kejelian dan ketelitian khusus. Judul artikel penting dan sangat menentukan. Sebab antara judul dengan isi tulisan ibarat pelita dengan minyaknya Judul yang sesuai dengan isinya menarik redaktur surat kabar untuk memuatnya.

Banyak penulis yang menentukan judul lebih dahulu. Ada juga yang menguraikan dulu isinya, kemudian baru menentukan/mencantumkan judul. Bagi penulis pemula sebaiknya tentukan dahulu judul, kemudian judul tersebut diberikan kerangka untuk memudahkan penulisan, sambil membaca literatur yang sesuai dengan judul tulisan.



Ada juga yang menentukan topik lebih dahulu, kemudian mencari literatur, mengungkapkan permasalahan, baru memilih judul yang tepat. Karena kadang-kadang dari isi tulisan tersebut muncul kata-kata yang tepat untuk sebuah judul. Kalo dari Pengalaman saya mencari topik lebih dahulu, baru menentukan judul, kemudian mencari literatur. Kadang-kadang setelah mendapati topik yang menarik, menulis, judulnya baru ditentukan kemudian. Biasanya orang membaca artikel dia akan membaca judulterlebih dahulu, judul dalam sebuah artikel seharusnya dibuat semenarik mungkin, karena judul dari artikel menentukan dari sang pembaca untuk memikatnya. Jadi jika menentukan judul artikel jangan asal-asalan membuatnya usahakan semenarik mungkin.

Dibawah ini beberapa deretan tentang hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat sebuah dari judul artikel, berikut beberapa halnya:

  • Judul Belum dipakai oleh penulis lain
Usahakan untuk menentukan sebuah judul baru dan bisa memikat sang pembaca yaitu judul tersebut belum dipakai oleh penulis lain. Membuat judul yang sama dengan penulis lain meskipun isinya berbeda, dapat mengundang kecurigaan pembaca atau orang yang memiliki judul tersebut. Biasanya kecurigaan timbul apakah yang di pakai sang penulis tersebut apakah punya dari sang bersangkutan.
  • Memiliki hubungan 
Judul dan isi memiliki hubungan yang jelas. dalam karya non fiksi judul mencerminkan isi tulisan. Misalnya, "Dampak minuman keras bagi siswa", judul artikel, jangan menulis "Masalah minuman keras bagi siswa". Artinya yang harus ditulis dampak dari mi­numan keras, bukan masalah minuman keras.
  • Memiliki daya pikat
Tulisan yang baik dan bermutu, tehnik mengelola masalah merupakan hal yang sangat penting. Bandingkan kedua judul berikut dengan masalah yang sama.

1. Miras musuh siswa

2. Miras dapat membunuh masa depan siswa

Kedua judul tersebut tentunya judul (1) lebih simpatik dan padat ketimbang judul nomor (2). Namun keduanya sama-sama memiliki daya tarik.


Itulah Beberapa hal yang harus pertimbangan terlebih dahulu untuk membuat sebuah judul artikel. Dengan membaca artikel di atas semoga kita bisa membuat bayangan untuk judul artikel yang akan kita buat, agar judul dari artikel tersebut bisa memikat dari sang pembaca. Dan semoga beberapa deretan tentang Memilih Judul Artikel bisa menambah wawasan bagi orang lain yang membacanya. Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, kritik dan saran sangat kami harapkan, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar