Skip to main content

Jenis-jenis mouse Serta Fungsinya

Jenis-jenis mouse Serta Fungsinya

  Bila kita berhadapan dengan computer tidak jauh kita melihat yang namanya mouse, apa itu mouse dan apa itu fungsinya, mari kita kupas di artikel ini. Mouse adalah salah satu perangkat yang paling penting yang terdapat pada komputer. Tanpa mouse, kita tidak akan bisa menggerakkan pointer

(kusor ) atau menggunakan komputer berbasis GUI (Graphical User Interface).

Mouse sendiri termasuk dalam perangkat input (masukan). Fungsi dari perangkat ini adalah mengatur gerakan dari kusor, melakukan klik, double klik, atau bahkan scroll pada komputer.

Jenis-Jenis Mouse

Nah, ternyata mouse ini juga mempunyai banyak jenis lho, perbedaannya terletak pada bentuk dan cara penggunaannya. Jenis dari mouse ini sendiri di bagi menjadi dua, yaitu jenis berdasarkan bentuknya dan jenis berdasarkan port yang digunakan.






Berdasarkan Bentuknya :


1. Mouse Optic

ah, kalau yang ini pasti juga sudah banyak yang tau. Mouse ini adalah mouse yang paling banyak digunakan di dunia. Mouse ini menggunakan teknologi optik untuk menggerakkan pointer yang berada di bawah mouse.


2. Mouse Trackball
Mouse jenis ini dapat kamu kenali dengan mudah dengan cara melihat bola kecil, atau hp bermerk nokia yang digunakan untuk menggerakkan pointer.


Berdasarkan Port yang digunakan :

1. Mouse serial
Mouse ini adalah salah satu mouse yang paling digunakan pada zamannya. Mouse ini populer pada zaman era pentium 1 sampai pentium 3 yang menggunakan teknologi AT. Port yang digunakan pada mouse jenis ini berbentuk serial yang memiliki beberapa pin didalamnya.


2. Mouse PS2Nah, mouse yang satu ini juga sering digunakan meskipun sekarang keberadaanya mulai tergeser oleh penggunaan mouse USB.


Dari bentuknya, mouse ini dapat dikenali dengan adanya warna hijau pada ujung kabelnya. Warna itulah yang digunakan untuk membedakan port mouse PS2 dengan port keyboard PS2. Pada keyboard PS2 memiliki warna ungu pada ujung kabelnya.


3. Mouse USB
Mouse jenis ini merupakan mouse yang paling digunakan pada saat ini. Hal ini bukan tanpa sebab, salah satunya karena mouse jenis ini kompatibel dengan segala sistem operasi seperti windows, linux, hingga machintos.


Selain itu, penggunaanya juga termasuk mudah karena sudah mendukung teknologi Plug and Play. Caranya kamu hanya harus mencolokkannya dan mouse kamu siap digunakan.


4. Mouse Wireless
Apa di bayangan pikiran kita, jika kita mendengan istilah wireless!! Wi-fi wireless, tapi tidak semua wireless dikaitkan dengan wifi, mouse juga ada yang wireless. Mouse jenis ini adalah inovasi dari mouse USB. Salah satu perbedaan yang menonjol dari mouse USB adalah mouse ini tidak menggunakan kabel seperti mouse USB. Penggunaan kabel pada mouse ini pun digantikan dengan fitur wireless yang menggunakan sinyal wireless.


Dari sisi harga, mouse ini tentu memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari pada jenis mouse USB, dari harganya yang mahal kita juga dimudahkan tanpa ribet-ribet dengan kabel. Jadi mouse jenis ini tanpa dengan kabel. Namun perlu saya ingatkan juga jika mouse ini menggunakan baterai yang terletak di dalam mouse. Jadi pastikan kamu rutin memeriksa baterainya agar selalu dapat digunakan.


Nah itulah Jenis-jenis mouse Serta Fungsinya. Jika kalian mempunyai info lebih mengenai mouse, kalian bisa mengisi kolom komentar di bawah ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar