Skip to main content

Sekilas Tentang Rambutan Dan Manfaatnya

Sekilas Tentang Rambutan Dan Manfaatnya

Siapa yang tidak mengenal rambutan, bila bulan November datang banyak sekali kita jumpai di pinggir pinggir jalan. Khususnya di daerah pegunungan bila kita melintasi di area pegunungan di pinggir-pinggir jalan banyak kita temui yang namanya Rambutan. Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae yang berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Rambutan banyak di tanam sebagai pohon buah. Tumbuhan tropis ini memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2.000 mm. Rambutan merupakan tumbuhan dataran rendah hingga ketinggian 300 sampai 600 meter. Pohon dengan ketinggian 15 sampai dengan 25 meter ini mempunyai banyak cabang. Daun majemuk dan menyirip letaknya berseling, dengan anak daun 2 sampai 4 pasang. Helaian anak daun bulat lonjong , memiliki panjang 7,5 sampai 20 cm, lebar 3.5 sampai 8.5 cm, ujung dan pangkal runcing, tepi rata dan mempunyai tangkai silindris dan berwarna hijau biasanya kerap kali mengering.




Rambutan memiliki bunga yang biasanya tersusun pada tandan di ujung ranting, memiliki aroma yang harum dan berbetuk kecil dan warna nya biasanya hijau muda. Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Rambutan memiliki buah yang bentuknya bulat lonjong, panjang biasanya mencapai 4 sampai 5 cm dengan duri tempel yang bengkok pada sisi kulit buah. Kulit buah rambutan berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi kuning dan kemerahan jika buahnya sudah masak. Dinding buah rambutan tebal dan memiliki biji yang bentuknya elips yang terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan mengandung air. Rasa buah rambutan bermacam variasi, dari asam sampai yang manis.
Baca juga : Manfaat Melon Bagi Kesehatan

Pohon rambutan biasanya berbunga pada akhir musim kemarau dan akan membentuk buah pada pada musim hujan, sekitar November sampai Februari. Rambutan juga dikenal dengan banyak jenis menurut variasi masing-masing nya, diantaranya ada yang seperti ropiah, simacan, sinyonya, lebak, dan binjei. Jangan kwatir bila kita ingin pohon rambutan itu, karena untuk pembudidayaan jenis tumbuhan ini biasanya dapat diperbanyak melalui biji, tempelan tunas, atau juga bisa dengan cangkokan.

Selain Sebagai buah pencuci mulut, rambutan juga menyimpan khasiat tertentu mengobati berbagai macam penyakit. Bagian yang biasanya digunakan adalah kulit buah, kulit kayu, daun, biji, dan akar. Bagian-bagian tersebut sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti disentri, demam, sariawan, kencing manis, dan juga sebagai penghitaman rambut.

Itulah Sekilas Tentang Rambutan Dan Manfaatnya serta cara pembudidayaan, seperti yang telah kita ketahui bahwa rambutan memang sangat kaya akan sumber energi seperti Vitamin A dan C, Protein, Kalsium, Zat Besi, Zinc, Magnesium serta Karbohidrat. Selain dari itu hebat nya Rambutan juga menyimpan khasiat sebagai pengobatan salah satunya seperti yang telah kita bahas pada artikel di atas. Sekian dan Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar