Skip to main content

Sejarah Teknologi Bluetooth

Sejarah Teknologi Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang dibangun ke dalam gadget elektronik. Ini memungkinkan Anda berbicara dan berbagi informasi seperti musik, suara, dan video secara nirkabel. Teknologi Bluetooth menggunakan gelombang radio seperti ponsel, televisi, dan radio FM. Perbedaan antara perangkat tersebut dan teknologi Bluetooth adalah jarak.

Radio dan televisi menyiarkan terlalu banyak orang dari jarak bermil-mil. Teknologi Bluetooth hanya mengirimkan informasi ke ruang pribadi Anda. Ruang pribadi ini disebut PAN, Personal Area Network. Ini naik hingga jarak 33 kaki.


Jika Anda membaca dalam deskripsi produk kata Bluetooth, ini berarti produk tersebut memiliki perangkat keras atau chip komputer kecil yang berisi radio Bluetooth. Ini juga berisi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna, orang yang memiliki produk, menghubungkan produk tersebut ke produk lain yang menggunakan teknologi Bluetooth. Koneksi teknologi bluetooth ini adalah secara nirkabel.

Teknologi yang digunakan oleh Bluetooth berhubungan kembali dengan penemuan yang dipelopori pada tahun 1940 oleh militer. Para insinyur di sebuah perusahaan Swedia bernama Ericsson menciptakan teknologi Bluetooth pada tahun 1994. Sekelompok perusahaan, pada tahun 1998, bekerja sama untuk menghubungkan produk mereka menggunakan teknologi Bluetooth.

Melihat bahwa teknologi Bluetooth bekerja, perusahaan membentuk Kelompok Minat Khusus Bluetooth (SIG). Organisasi ini dikhususkan untuk memelihara teknologi ini. Teknologi Bluetooth tidak dimiliki oleh satu perusahaan tetapi anggota Bluetooth SIG semua bekerja sama untuk mengembangkan teknologi.

Ketika SIG muncul, Bluetooth adalah kata kode untuk SIG. dan mereka merancang teknologi Bluetooth untuk memungkinkan kolaborasi antara berbagai industri. Contoh dari kolaborasi ini adalah pasar otomotif dan telepon seluler.

Teknologi Bluetooth pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi pengganti kabel dan kabel antara hal-hal seperti mouse dan keyboard komputer. Meskipun berfungsi dengan baik di jenis perangkat tersebut, Teknologi Bluetooth dapat melakukan lebih banyak hal. Dapat menghubungkan televisi, pemutar musik, dan perangkat perawatan di rumah.

Ketika teknologi Bluetooth matang, orang dapat membuat koneksi yang tidak mungkin dengan kabel, atau media lainnya yang menggunakan kabel. Anda sekarang dapat menghubungkan ponsel Anda ke stereo mobil Anda, atau mencetak gambar dari telepon kamera Anda.

Teknologi Bluetooth akan memungkinkan Anda memantau denyut nadi, kecepatan, dan langkah-langkah saat Anda berolahraga joging, berjalan, atau berlari. Lebih dari 13.000 perusahaan sedang mengembangkan produk inovatif menggunakan teknologi Bluetooth. Produk inovatif ini beragam mulai dari yang menakjubkan hingga menjanjikan untuk membuat hidup kita lebih menyenangkan dan lebih mudah.

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang suka berbicara di ponsel dan drive mereka, teknologi Bluetooth bekerja untuk membuatnya lebih aman untuk melakukannya. Mereka mengembangkan dan merancangnya headset nirkabel dan sistem hands free car menggunakan Teknologi Bluetooth. Sistem mobil tangan gratis ini sedang dikembangkan untuk menggunakan pengenalan suara, dan "pemicu bicara," yang merupakan kemampuan untuk mengaktifkan perangkat handsfree dengan perintah suara.

Itulah artikel tentang Sejarah Teknologi Bluetooth, semoga artikelnya bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai ketemu lagi di artikel yang membahas tentang teknologo-teknologi lainnya, sampai jumpa dan terima kasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar